Skip to main content

trik dan cara menanam padi yang baik.

kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menghasilkan panen padi yang memuaskan dengan hasil yang melimpah,tentu ini adalah suatu hasil yang sangat diharapkan oleh para petani.kita langsung kepembahasan cara menanam padi yang baik,cara penanaman padi yang baik dilakukan dengan cara melewati beberapa tahap:

tahap pengolahan tanah:
sebelum padi ditanam sebaiknya tanah diola dulu melalui pengolahan tanah dan dilakukan 2 bulan sebelum penanaman padi,pengolahan tanah disini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu cara modern ataupun dengan cara tradisional,pengolahan tanah secara modern dikerjakan dengan menggunakan mesin atau kita kenal traktor sedangkan pengolahan tanah secara tradisional pengerjaanya dilakukan dengan cara dicangkul dengan menggunakan tenaga manusia atau bisa juga dengan cara dibajak dengan menggunakan tenaga kerbau atau sapi.
1 pembersihan lahan:
jerami-jerami yang ada dilahan yang akan kita olah sebaikanya dikumpulkan menjadi satu bersama rumput- rumput yang ada dilahan tersebut sebaiknya jangan dibakar biarkan menjadi kompos.
2 proses pencangkulan:
agar tanah yang mau kita olah lunak sebaiknya harus digenangi air dahulu setelah itu buatlah pematang pematang untuk menahan genangan air itu supaya air tidak tumpah atau bocor.
3 proses pembajakan:
tanah yang akan kita bajak sebaiknya terlebih dahulu kita genangi air dengan maksud supaya jerami atau rumput rumput menjadi satu dan menghasilkan pupuk,setelah pembajakan biarkan selama 5-7 hari supaya bongkahan bongkahan tanah yang telah dibajak menjadi lebur
4 proses penggarauan;
proses penggaraun dapat dilakukan dengan cara mengurangi genangan air sisakan air secukupnya sehingga hanya untuk menggenangi bongkahan bongkahan tanah tersebut.setelah penggarauan pertama selesai dengan ditandai rumput rumput tenggelam,lakukan penggarauan kedua dengan cara meratakan tanah dengan cara pembajakan supaya mendapakan lumpur yang sempurna.
5 proses pencarian mutu benih yang akan dipakai:
benih padi yang akan kita tanam direndam dengan air selama kurang lebih 2 jam,setelah itu sipkan kain ukuran 20cmx30cm yang telah kta basahi,benih yang telah kita rendam letakan diatas kain tersebut tunggulah 3-5 hari kemudian kita pisah benih yang berkecambah.
6 proses tempat persemain benih:
untuk mendapatkan benih yang baik sebaiknya kita memilih tempat persemain dngan memperhatikan kualitas tanah/tanah harus yang subur tidak terhalang pepohonan karena memerlukan sinar matahari langsung.
7 proses penanaman:
benih yang siap tanam biasanya ukurannya mencapai 15-20cm,tanamlah bibit padi tersebut dengan jarak yang sudak dibuat petak petak,jarak yang dibuat dimaksudkan agar pertumbuhan benih bisa maksimal...nah itulah beberapa tahap dan proses penanaman padi setelah padi ditanam nanti keproses pemupukan,dan perawatan serta pemanenan....untuk proses pemupukan,perawatan,serta pemanenan trik dan cara menanam padi yang baik. salam sejahtera.
bisa dibaca diartikel berikutnya...sekian pembahasan tentang

Comments

Popular posts from this blog

saya ucapkan terimakasih kepada blog ajangnya orang sumba berbagi ilmu dan pengetahuan yang telah memberikan peghargaan kepada blog saya ini ,ini adalah penghargaan pertama saya selama saya menjadi seorang blogger dan mungkin menjadi motivasi untuk saya untuk semangat dan lebih giat lagi didunia blog..sekali lagi saya ucapkan terima kasih...

budidaya kakao..

Prospek bisnis budidaya tanaman kakao sangat menjanjikan jika di tanam pada tanah yang sesuai. Tanaman kako perlu di tanam di tanah yang kaya akan unsur hara dan mikro alami. Tanaman kakao juga perlu perhatian ekstra dalam perawatan agar bersih dari hama dan penyakit. Jika hal di atas diperhatikan maka tanaman kakao akan menghasilkan kualitas yang baik dan hasil juga berlimpah. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam budidaya tanaman kakao : 1. Persiapan Lahan - Bersihkan lahan dari rumput liar yang mengganggu. - Gunakan tanaman penutup tanah (cover crop) terutama jenis polong-polongan seperti Peuraria javanica, Centrosema pubescens, Calopogonium mucunoides & C. caeraleum untuk mencegah pertumbuhan gulma terutama jenis rumputan - Setahun sebelum proses tanam lahan sebaiknya diberi tanaman pelindung seperti lamtoro, Albazia dan lainnya namun jika sudah mencapai tahun ketiga semenjak masa tanam, maka tanaman pelindung harus

pengaruh musim kemarau pada hasil kakao....

Setelah sekian lama tidak eksis didunia blogger karena kesibukan mengurus tanaman kakao yg sudah semakin menghawatirkan karena pengaruh musim kemarau yg sampai saat ini belum berakhir....kini saatnya kembali ke dunia Blogger..salam sejahtera untuk sahabat Blogger.