Skip to main content

Tehnik Pengolahan Kakao Pasca Panen:

       

        Melanjutkan postingan yang telah lawas tentang budidayakakao kali ini saya akan membahas tentang tehnik pengolan kakao pasca panen..seperti yang telah dibahas dulu kakao baru belajar berbuah minimal 2-3 tahun...diberbagai daerah dinusantara tanaman kakao bisa tumbuh subur ukuran tinggi bisa mencapai 15 m.
Coklat yang kita temui sehari hari dan disukai anak anak awalnya merupakan biji coklat dan setelah diolah sedemikian rupa dipengolahan pabrik jadilah berupa susu coklat atau jadi coklat batangan.
Sebenarnya  tata cara pengolahan kakao pasca panen sudah umum dan banyak dibahas diberbagai sumber tapi salahnya saya menanbahkan tentang pengolahan pasca panen kakao melalui tahap demi tahap..ok kita langsung saja.

1 pembersihan lendir kakao:
Setelah kakao dipanen kita kumpulkan dan kita pecah kulitnya setelah itu ambil dan kumpulkan biji kakao tersebut masukan kedalam wadah baskom atau ember tuangkan air kita aduk supaya lendir yang menempel di biji kakao tersebut turun tahan ini disebut juga dengan fermentasi kita lakukan pengolahan ini sehabis kita petik karena kualitas bijinya semakin baik..lakukan pembersihan sampai lendir yang menempel benar benar bersih.

2 penjemuran:
Kakao memili kanungan air 60% makanya setelah proses pembersihan lendir yang menempel dikakao tadi kakao harus segera dikeringkan dengan cara dijemur biasanya waktu pengeringan 2- 3 hari baru kering tergantung cuaca,kakao harus benar benar kering sampai kandungan air di kakao tersebut  kira kira 6-7% supaya kualitas kakao tersebut terjaga..lakukanlah pengering di jemur diterik matahari...

3 pendinginan:
Setelah melewati proses pengering baru ketahap pendinginan,dinginkan kakao yang telah melewati penjemuran tadi selama 5 jam..setelah melewati masa pendinginan baru keproses penyortiran biji kakao dengan dengan memilih kualitas baik,sedang, dan kualitas rendah..karena dengan penyortiran biji kakao tersebut  mempengaruhi harga jual kakao tersebut..




pengepakan atau pengemasan:

 Kemaslah kakao tadi menggunakan karung gonni yang ukuran 50 kg setelah itu boleh langsung pemasaran...pemasaran ditempat saya biasa langsung ke tengkulak yang ada ditempat saya kalau mau harga yang agak bagus langsung  kebandar besar...mungkin itulah sedikit bahasan tentang cara pengolahan kakao pasca panen..baca juga budidaya kakao sekian dan terimakasih
  

Biji kakao
Add caption




gambar kakao 1/2 kering








Comments

Popular posts from this blog

saya ucapkan terimakasih kepada blog ajangnya orang sumba berbagi ilmu dan pengetahuan yang telah memberikan peghargaan kepada blog saya ini ,ini adalah penghargaan pertama saya selama saya menjadi seorang blogger dan mungkin menjadi motivasi untuk saya untuk semangat dan lebih giat lagi didunia blog..sekali lagi saya ucapkan terima kasih...

budidaya kakao..

Prospek bisnis budidaya tanaman kakao sangat menjanjikan jika di tanam pada tanah yang sesuai. Tanaman kako perlu di tanam di tanah yang kaya akan unsur hara dan mikro alami. Tanaman kakao juga perlu perhatian ekstra dalam perawatan agar bersih dari hama dan penyakit. Jika hal di atas diperhatikan maka tanaman kakao akan menghasilkan kualitas yang baik dan hasil juga berlimpah. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam budidaya tanaman kakao : 1. Persiapan Lahan - Bersihkan lahan dari rumput liar yang mengganggu. - Gunakan tanaman penutup tanah (cover crop) terutama jenis polong-polongan seperti Peuraria javanica, Centrosema pubescens, Calopogonium mucunoides & C. caeraleum untuk mencegah pertumbuhan gulma terutama jenis rumputan - Setahun sebelum proses tanam lahan sebaiknya diberi tanaman pelindung seperti lamtoro, Albazia dan lainnya namun jika sudah mencapai tahun ketiga semenjak masa tanam, maka tanaman pelindung harus

pengaruh musim kemarau pada hasil kakao....

Setelah sekian lama tidak eksis didunia blogger karena kesibukan mengurus tanaman kakao yg sudah semakin menghawatirkan karena pengaruh musim kemarau yg sampai saat ini belum berakhir....kini saatnya kembali ke dunia Blogger..salam sejahtera untuk sahabat Blogger.