Skip to main content

Tehnik Pengolahan Kakao Pasca Panen:

       

        Melanjutkan postingan yang telah lawas tentang budidayakakao kali ini saya akan membahas tentang tehnik pengolan kakao pasca panen..seperti yang telah dibahas dulu kakao baru belajar berbuah minimal 2-3 tahun...diberbagai daerah dinusantara tanaman kakao bisa tumbuh subur ukuran tinggi bisa mencapai 15 m.
Coklat yang kita temui sehari hari dan disukai anak anak awalnya merupakan biji coklat dan setelah diolah sedemikian rupa dipengolahan pabrik jadilah berupa susu coklat atau jadi coklat batangan.
Sebenarnya  tata cara pengolahan kakao pasca panen sudah umum dan banyak dibahas diberbagai sumber tapi salahnya saya menanbahkan tentang pengolahan pasca panen kakao melalui tahap demi tahap..ok kita langsung saja.

1 pembersihan lendir kakao:
Setelah kakao dipanen kita kumpulkan dan kita pecah kulitnya setelah itu ambil dan kumpulkan biji kakao tersebut masukan kedalam wadah baskom atau ember tuangkan air kita aduk supaya lendir yang menempel di biji kakao tersebut turun tahan ini disebut juga dengan fermentasi kita lakukan pengolahan ini sehabis kita petik karena kualitas bijinya semakin baik..lakukan pembersihan sampai lendir yang menempel benar benar bersih.

2 penjemuran:
Kakao memili kanungan air 60% makanya setelah proses pembersihan lendir yang menempel dikakao tadi kakao harus segera dikeringkan dengan cara dijemur biasanya waktu pengeringan 2- 3 hari baru kering tergantung cuaca,kakao harus benar benar kering sampai kandungan air di kakao tersebut  kira kira 6-7% supaya kualitas kakao tersebut terjaga..lakukanlah pengering di jemur diterik matahari...

3 pendinginan:
Setelah melewati proses pengering baru ketahap pendinginan,dinginkan kakao yang telah melewati penjemuran tadi selama 5 jam..setelah melewati masa pendinginan baru keproses penyortiran biji kakao dengan dengan memilih kualitas baik,sedang, dan kualitas rendah..karena dengan penyortiran biji kakao tersebut  mempengaruhi harga jual kakao tersebut..




pengepakan atau pengemasan:

 Kemaslah kakao tadi menggunakan karung gonni yang ukuran 50 kg setelah itu boleh langsung pemasaran...pemasaran ditempat saya biasa langsung ke tengkulak yang ada ditempat saya kalau mau harga yang agak bagus langsung  kebandar besar...mungkin itulah sedikit bahasan tentang cara pengolahan kakao pasca panen..baca juga budidaya kakao sekian dan terimakasih
  

Biji kakao
Add caption




gambar kakao 1/2 kering








Post a Comment

Popular posts from this blog

cara merawat padi agar panen melimpah.

seperti yang telah sayajanjikan diartikel sebelumnyatrik cara menanam padi yang baik,kali ini saya akan berbagi info tentang cara merawat tanaman padi dari mulai padi ditanam dan perawatannya serta pemanenan tanaman padi..karena kalau kita tidak cukup memahami trik trik dari penanaman padi hasil yang akan kita peroleh kurang maksimal bahkan akan merugi dari modal yang kita keluarkan. agar tidak terlalu menyita waktu para sahabat blogger mari kita langsung saja bagaimana cara perawatan padi yang benar,ini tahap yang perlu kita lakukan.

1 penyiangan tanaman (ngarambet)
   setelah padi yang kita tanam menginjak usia 3 minggu yang perlu kita lakukan adalah penyiangan
tanaman padidengan maksud untuk membersihkan tanaman tanaman diarea tanaman padi karena
   kalau tidak kita bersihkan tanaman tanaman liar tersebut bisa menggangu pertumbuhan tanaman
   padi yang mengakibatkan pertumbuhan padi kurang sempurna.

2 pemupukan tanaman padi
   sebagus apapun macam bibit tanamn padi yang kita tanam  ta…

Cara Optimal Budidaya Bawang Daun

sobat blogger pasti mengenal yang namanya bawang,bawang terdiri dari bebagai bermacam jenis ada bawang merah,bawang putih,bawang daun..selain digunakan untuk pelengkap  masakan bawang dari berbagai jenis tadi banyak juga manfaatnya bagi kesehatan dan bisa dijadikan obat....tetapi disini kita tidak akan membahas dulu manfaat dari berbagai macam bawang tadi...disini saya akan membahas bagaimana cara menanam bawang daun yang baik...ok sobat kita langsung aja cara cara menanam bawang daun yang baik..


pembibitan benih:

pertama tama kita buat bedengan untuk proses pesemaian dengan ukuran 100-120cm kita sesuaikan panjangnya dengan melihat kondisi lahan. setelah itu kita gemburkan tanah dengan dicampur pupuk kandang sebanyak 2kg untuk kedalaman tanahnya boleh dengan ukuran 25-30cm.
bedengan yang telah kita buat sebaiknya ditutup dengan palastik transfaran dengan ukuran tingginya boleh 1m-1,5m disebelah timur dan untuk tinggi sebelah barat ukuranya 60cm-80cm.
setelah semua proses pembuatan …

Cara Efektif dan Benar Penanaman Singkong

Ok..kali ini kita akan membahascara penanaman singkong yang baik...sobat blogger tahu ga singkong?masa sich tidak tahu singkong..singkong udah akrab dengan kita karena ini merupakan makanan tradisioal kita,,,singkong disebut juga dengan ubi kayu konon dulu sebelum  kita lepas dari penjajahan belanda singkong dijadikan makanan pokok bangsa kita,singkong mengandung karbohidrat baik untuk tubuh kita...menanam singkong tidak begitu sulit asal kita tahu cara caranya
Ok sobat kita langsung aja cara penanaman singkong yang baik dan benar Tahap demi tahap kita akan bahas supaya nanti kelak dipanen mennghasilkan hasil yang baik

Tahap pertama:
Bibit...bibit kita siapkan dari hasil panen singkong,maksimal bibit yang baik umurnya antara 6-8 bulan....kita ambil batang singkong yang telah kita panen biasanya bila maksimal batangnya berukuran diameter 2-3 cm...kita potong batang tersebut boleh menggunakan sabit untuk ukurannya kita sesuaikan boleh berukuran 10-15cm

Tahap kedua:
Tanah,tanah ini …