Cara Optimal Budidaya Bawang Daun

   sobat blogger pasti mengenal yang namanya bawang,bawang terdiri dari bebagai bermacam jenis ada bawang merah,bawang putih,bawang daun..selain digunakan untuk pelengkap  masakan bawang dari berbagai jenis tadi banyak juga manfaatnya bagi kesehatan dan bisa dijadikan obat....tetapi disini kita tidak akan membahas dulu manfaat dari berbagai macam bawang tadi...disini saya akan membahas bagaimana cara menanam bawang daun yang baik...ok sobat kita langsung aja cara cara menanam bawang daun yang baik..
Add caption
  

pembibitan benih:

pertama tama kita buat bedengan untuk proses pesemaian dengan ukuran 100-120cm kita sesuaikan panjangnya dengan melihat kondisi lahan. setelah itu kita gemburkan tanah dengan dicampur pupuk kandang sebanyak 2kg untuk kedalaman tanahnya boleh dengan ukuran 25-30cm.
bedengan yang telah kita buat sebaiknya ditutup dengan palastik transfaran dengan ukuran tingginya boleh 1m-1,5m disebelah timur dan untuk tinggi sebelah barat ukuranya 60cm-80cm.
setelah semua proses pembuatan bedengan selesai lanjut ketahap berikutnya dengan menabur bibit..penaburan bibit kita lakukan dengan membuat garis dengan larik larik dengan jarak larikan kurang lebih 10 cm dan kedalaman 1cm.setelah itu tutuplah benih tersebut dengan karung goni atau bisa juga menggunakan daun pisang.sambil menunggu tumbuhnya kecambah lakukan penyiraman 2 kali sehari pagi dan sore itupun tergantung kondisi cuaca.
setelah kecambah muncul dan berusia 1 bulan kita lakukan dengan memberi pupuk daun dengan takaran sesuai dosis,biasanya kalau sudah berumur 2 bulan kecambah tumbuh mencapai ukuran 10cm-20cm dan bibit telah siap dipindahkan.

pembibitan anakan:

bawang daun juga bisa ditanam dengan cara pembbitan anak...pembibitan anak bisa dilakukan dengan cara memilih bawang yang sudah berumur 2,5 bulan dengan memilih daun yang sehat bebes dari hama.setelah terpilih kualitas yang bagus kita bongkar dengan mencaput bawang tersebut dengan akarnya...setelah itu kita bersihkan tanah yang menempel pada akar bawang tersebut setelah itu kita potong daunnya setelah itu bibit telah siap ditanam.

lahan yang harus disiapkan:

sesuai judul artikel saya cara optimal budidaya bawang daun makanya disini saya jelaskan supaya penanaman optimal dan sukses dalam budidaya bawang daun...sebaiknya sebelum penanaman bawang daun kita lakukan kita persiapakan lahan sebelum penanaman kira kira 25-30 hari dengan cara mengolah tanah dicampur pupuk organik tanah yang baik untuk penanaman bawang daun gunakan tanah yang hitam yang gembur...untuk penanaman bawang dauan 1ha,dibutuhkan bibit bawang daun 200. 000 anakan atau 1,5-2kg biji.

cara penanaman:

penanaman bawang daun kita lakukan dengan mencakul tanah sedalam 30cm setalah itu kita kasih pupuk kandang 10-15ton/ha,setelah semua proses selesai kita buat bedengan selebar 0,6-1m setelah itu buatlah parit diantara bedengan tersebut dengan ukuran lebar 20-30cm,dan setelah itu buatlah lubang tanam ukuran 20 x 20 dengan kedalaman 10cm.
biasanya bibit yang berumur 2 bulan mencapai ukuran tinggi 10-15cm dan siap untuk ditanam...penanamn yang baik sebaiknya ditanam pada waktu memasuki musim penghujan(oktober)



pemeliharaan:

setelah bawang daun kita tanam dan berumur kira kira 15 hari lakukanlah penyulaman dengan menyortir bila ada bibit yang mati dan kurang baik pertumbuhanya,lakukan penyiangan dengan membersihkan rumput yang menggangu pertumbuhan tanaman bawang tersebut...untuk penyiraman lakukanlah 2 kali sehari pagi dan sore tergantung situasi cuaca.lakukan penyemprotan pestisida supaya tanaman bebas dari hama penyakit.

pemupukan:

setelah bibit ditanam kira kira 25-30 hari lakukan pemupukan pertama setelah itu lakukan pemupukan sesuai kebutuhan dengan memperhatikan laju pertumbuhan bawang tersebut..untuk hasil yang baik sebaiknya menggunakan pupuk organik.

cara panen yang baik:

biasanya bawang yang siap panen memiliki ciri yaitu berdau kuning dan memiliki anakan antara 6-7 anakan dan biasanya umur siap panen antara 2,5 bulan....cara panen yang baik jangan menggunakan tangan untuk mencabut bawang tersebut sebaik bongkar semua rumpun pake kored supaya daunnya tidak rusak,apabila dicabut langsung pake tangan kemukinan daunya rusak setelah itu bersihkan tanah yang menempel pada akar bawang tersebut.

Add caption
pasca panen:

setelah akar dibersihkan cucilah bawang tersebut diair mengalir setelah itu kita tiriskan setelah selesai kita ikat bawang tersebut dengan ukuran sesuai kebutuhan kita..sampai disini kita telah melakukan apa yang menjadi judul aritkel diatas..untuk postingan selanjutnya kita akan bahas manfaat dari berbagai jenis bawang untuk kesehatan...mungkin sampai disini artikel dari saya mohon kritik yang sipatnya membangun karena disini kita sama sama belajar...salam sejahtera.